6 Tips AMAN Belanja Online Yang Wajib Kamu Ketahui

6 Tips AMAN Belanja Online Yang Wajib Kamu Ketahui, Pada masa yang semakin canggih ini, manusia bahkan tidak perlu beranjak dari rumah untuk membeli barang-barang yang diinginkannya. Cukup menggerakan jari di layar smartphone ataupun di keyboard PC, siapa saja sudah bisa melakukan belanja secara online.
Trend online shop pun semakin berkembang, yang diikuti dengan jumlah penyedia layanan tersebut yang semakin marak, atau yang akrab disebut dengan ecommerce. Sayangnya, tidak semua toko online terbilang aman, bahkan beberapa kasus pencurian kartu kredit pun marak dilakukan, yang meninggalkan luka mendalam bagi para korbanya.  meskiPun begitu, hal tersebut tidak bisa kamu jadikan sebagai alasan untuk tidak berbelanja secara online. Terdapat beberapa tips yang akan kami bagikan disini untuk kamu yang ingin belanja online, tapi takut dikecewakan.

Trend online shop pun semakin berkembang, yang diikuti dengan jumlah penyedia layanan tersebut yang semakin marak, atau yang akrab disebut dengan ecommerce. Sayangnya, tidak semua toko online terbilang aman, bahkan beberapa kasus pencurian kartu kredit pun marak dilakukan, yang meninggalkan luka mendalam bagi para korbanya.

meskiPun begitu, hal tersebut tidak bisa kamu jadikan sebagai alasan untuk tidak berbelanja secara online. Terdapat beberapa tips yang akan kami bagikan disini untuk kamu yang ingin belanja online, tapi takut dikecewakan.


Pastikan OS Perangkat Kamu Up To Date

Dalam berbelanja online, perangkat seperti smartphone ataupun PC layaknya kendaraan, tangan, hingga dompet kamu. Dengan demikian, menjaga agar perangkat-perangkat tersebut tetap up to date adalah suatu hal yang wajib untuk dilakukan.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari software-software jahat yang mampu mencuri data pribadi kamu tanpa di sadari.


Gunakan Jaringan yang Bersifat Pribadi

Selain memastikan perangkat kamu up to date, kamu juga wajib menggunakan jaringan yang bersifat pribadi dalam melakukan aktifitas belanja online. Hindari penggunaan layanan WiFi di tempat-tempat umum, agar semakin meningkatkan keamanan dari pencuri di dunia maya.


Manfaatkan Situs Ecommerce yang Jarang Bermasalah

Setelah perangkat kamu dipastikan aman, maka kini saatnya untuk mencari situs ecommerce yang jauh dari kabar miring. Kabar miring yang dimaksud adalah jarang bermasalah, dan memiliki rating poin cukup baik dari para penggunanya.

Untuk dapat melakukannya, ketikan nama ecommerce yang hendak kamu kunjingi di mesin pencari Google, dan pastikan tidak ada link yang mengarahkan kamu ke berita kriminal terkait ecommerce tersebut. Selain itu, pastikan juga situs tersebut memiliki layanan dan jaminan yang kamu harapkan.


Jangan Berikan Informasi yang Tidak Perlu

Saat kamu telah menetapkan situs yang cocok, maka mulailah berbelanja online. Ketika telah menemukan produk yang di cari dan kamu disuruh memasukan data-data, pastikan data-data tersebut adalah hal yang sesuai dengan ketentuan di dalam ecommerce.

Ketika penjual menghubungi kamu secara langsung, dan meminta data-data yang dirasa tidak perlu, maka jangan pernah memberikannya. Terlebih, jika data tersebut menyangkut tanggal kelahiran dan nomor KTP.


Selalu Periksa Alamat dan Detail Kontak Penjual

Kebanyakan ecommerce saat ini bersifat market place, dimana siapa saja dapat berjualan di dalamnya. Walau barang dan harga yang ditawarkannya menarik, kamu sangat wajib dalam memeriksa informasi penjual seperti alamat dan detail kontaknya.

Selain itu, pastikan juga penjual tersebut memiliki penilaian yang baik dari para pembeli sebelumnya. Cek setiap informasi dari para pembeli tersebut, terkait layanan serta kualitas yang dimiliki oleh penjual.


Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Ecommerce memang selalu identik dengan kartu kredit. Beragam penawaran menarik ketika kamu menggunakan kartu kredit pun akan menjadi godaan yang sangat sulit untuk dihindari. Namun, ada baiknya untuk tidak menggunakan kartu kredit sebisa mungkin.

Pembayaran secara tunai ataupun COD jauh lebih aman, agar jaminan uang kamu kembali akan lebih besar. Itulah beberapa tips yang bisa kami bagikan untuk kamu yang hendak atau gemar berbelanja online.

Tingkat keamanan dunia maya yang masih cukup minim di Indonesia memang terkesan memaksa kamu untuk tidak berbelanja online. Namun, kemudahan yang ditawarkannya pasti tidak mungkin untuk dihiraukan begitu saja.

Alhasil, faktor pencegahan dari diri sendiri adalah hal yang mutlak untuk kamu lakukan, agar terhindar dari ancaman penipunan atau bahkan pencurian di dunia sekian tips aman berbelaja online semoga bermanfaat bagi kalian

0 comments

Powered by Blogger.

About Me

My photo
Belajar Sesuatu dari Kegagalan Adalag Hal Yang Penting.

Bocor! Sharp Aquos S2 Bakal Mengusung Desain Tanpa Bazel

Trend smartphone berbezel tipis semakin digandrungi oleh para vendor saat ini. Mulai dari yang dipatok dengan harga mahal, hingga yang dipat...