8 Tips Sederhana Cara mengatasi smartphone Android Lemot

miuisystem: 8 Tips Sederhana Cara mengatasi Android Lemot, Banyak pengguna android yang mengeluhkan lemotnya kinerja dari ponselnya,hal ini biasa nya terjadi pada perangkat android yang memiliki RAM kecil.dan hampir rata-rata Para pengguna tidak pernah memperhatikan spesifikasi perangkat tersebut dan malah meng-install aplikasi - aplikasi yang menambah beban smartphone android. nah Disini kami akan memberikan beberapa tips untuk mempercepat kinerja ponsel anda langsung saja simak di bawah ini,


miuisystem: 8 Tips Sederhana Cara mengatasi Android LemotBanyak pengguna android yang mengeluhkan lemotnya kinerja dari ponselnya,hal ini biasa nya terjadi pada perangkat android yang memiliki RAM kecil.dan hampir rata-rata Para pengguna tidak pernah memperhatikan spesifikasi perangkat tersebut dan malah meng-install aplikasi - aplikasi yang menambah beban smartphone android. nah Disini kami akan memberikan beberapa tips untuk mempercepat kinerja ponsel anda langsung saja simak di bawah ini,

Install Aplikasi Yang Diperlukan Saja

Ini cara yang paling sederhana menurut saya,banyak dari kalangan pengguna android yang tak memperhatikan hal kecil ini,mereka menginstal aplikasi yang menurut merka menarik padahal aplikasi tersebut jarang digunakan. Banyak timbul pertanyaan "Kan aplikasi gak digunakan,terus apa hubungannya ? " memang aplikasi tersebut tidak digunakan tapi pada dasarnya aplikasi-aplikasi tersebut tetaplah berjalan di latar belakang atau bisa disebut background device dan akan memakan ram ponsel sobatdan cenderung membuat android sobat semakin lemot.Jadi sobat harus mengsortir aplikasi sebiak mungkin,jika merasa perangkat sobat memiliki ram yang kecil.


Menonaktifkan Animasi Layar dan Live Wallpaper

Seperti penjelasan saya di point ke satu,Hal sederhana ini bisa meningkatkan kinerja ponsel sobat karena fitur ini selalu berjalan dan memakan banyak ram.Untuk menonaktifkan fitur ini sobat bisa buka "Setting >> Display" atau ada juga yang berada di " Developer Option " pada perangkat anda.


Hapus Cache Memori pada Aplikasi

Perangkat android akan semakin lemot jika sobat ketik memori cache ponsel penuh.File cache ini berisikan file - file dan gambar yang dibuthkan oleh aplikasi saat pertama kali dibuka.Sebenarnya cache memori ini berguna untuk meningkatkan kecepatan perangkat sobat,tapi terkadang memori ini diisi oleh aplikasi  yang tidak kita gunakan sehingga berimbas pada kinerja perangkat sobat,jadi kita harus mengapaus cache memori ini secara berkala.Caramenghapusnya sobat bisa dengan masuk ke setting >> storage >> cached data lalu hapus.


4.Bebaskan Beberapa Ruang Penyimpanan

Terkadang,perangkat yang memiliki ruang penyimpanan penuh atau hampir penuh android akan terasa lemot.Sobat harus selalu menjaga ruang kosong yang cukup dalam ruang penyimpanan ponsel sobat,sehingga andoird anda bisa bekerja  secara maksimal.Jika file tersebut dianggap penting,sobat bisa pindahkan ke komputer atau laptop,sobat bisa juga menggunakan layanan cloud seperti google drive atau dropbox dan lainnya.


Hapus Widget Agar Android Tidak Lemot

Jika sobat merasa ram di ponsel kecil,jangan terlalu berharap memperindah homescreen dan lockscreen hp sobat.Karena apa?Widget ini akan mengkomsumsi banyak sumber daya sistem dan ram.Oleh karena itu fitur ini membuat android sobat semakin lemot,gunakan saja widget yang paling sobat butuhkan,karna berpengaruh juga dengan masa baterai.


Restart Android Setiap Pagi

Kok bisa bang ? Bisa lah, ini sangat masuk akal dan sangat direkomendasikan oleh para pengembang android.Hal ini bisa terjadi karena karena setiap kali kita melakukan reboot maka setiap proses akan mengrefresh dan mematikan proses-proses latar belakang yang tidak diperlukan.


Perbarui Software Android Sobat

Intinya jika ada pembaharuan software,sobat coba update saja karena para pengembang pastinya menginginkan pengalaman penggunanya menjadi lebih baik.Pasti mereka sebagai pengembang  akan teru menerus memperbaiki bug dan meningkatkan kinerja perangkat agar semakin maksimal.


Menghapus aplikasi bawaan

Sebenarnya google membuat stock android itu sangat ringan dan cepat.Tapi para produsen biasanya menambahkan aplikasi bawaan yang sebenarnya sering tidak digunakan para pengguna dan yang paling membuat kita sebal adalah aplikasi bloatware tersebut tidak bisa di hapus.Hal ini kembali ke point no satu semakin banyak aplikasi pasti kinerja perangkat akan semakin berat.Tapi tenang sob,kita bisa menonaktifkan aplikasi tersebut kok,jadi minimal mereka tak berjalan di belakang layar.Caranya mudah kok,silahkhkan sobat ke "Setting >> Apps >> All Aps" kemudian pilih aplikasi yang tidak perlu dan tekan "Disable atau Nonaktivkan".

Tapi cara tersebut diperuntungkan untuk android yang memiliki ram kecil,karena android keluaran terbaru kebanyakan sudah membawa ram yang besar sehingga kita tidak prlu ambil pusing untuk menginstal banyak aplikasi ataupun menghiasi homescreen sobat.Sepertinya cukup sampai sini pembahasan kita,semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat semua.

0 comments

Powered by Blogger.

About Me

My photo
Belajar Sesuatu dari Kegagalan Adalag Hal Yang Penting.

Bocor! Sharp Aquos S2 Bakal Mengusung Desain Tanpa Bazel

Trend smartphone berbezel tipis semakin digandrungi oleh para vendor saat ini. Mulai dari yang dipatok dengan harga mahal, hingga yang dipat...