7 Solusi Jitu Mengatasi Aplikasi Force Close di Smartphone Android

7 Solusi Jitu Mengatasi Aplikasi Force Close di Smartphone Android

Hallo Gamer. FC (Force Close) adalah terhentinya sebuah aplikasi atau game secara mendadak atau paksa tanpa kita ketahui penyebabnya, mungkin bisa karena dari aplikasinya atau dari sistim di android tersebut. Saya sendiri juga sering mengalami kejadian aplikasi force close seperti itu, seingat saya aplikasi yang paling sering mengalami force close adalah game yang bawaanya cukup berat seperti Dead effect 2, GTA SA, dll. Aplikasi yang force close biasanya ditandai dengan munculnya dialog bertuliskan seperti, “This application has stopped unexpectedly”. Dan kalian diberikan dua pilihan tombol, yaitu melakukan “force stop” atau “report” untuk melaporkan error tersebut ke publisher aplikasi tersebut.

Baca Juga Cara Menyadap Smartphone Android Dengan Aplikasi SmartphoneLogs

Kenapa aplikasi bisa force close sendiri?

  • Kemungkinan data app yang corrupt (temporary data, cache, game data, dsb)
  •  Versi Android terlalu Jadul, Versi Beta, Versi OS sudah di MOD , dan atau memang tidak kompatibel untuk menjalankan aplikasi/game tersebut
  • Aplikasi tersebut kalian dapatkan dari luar Play Store (aplikasi bajakan) terutama yang sudah di Modifikasi/MOD
  • Smartphone kalian telah di-root atau heavy modified sehingga mempengaruhi sistim di beberapa aplikasi/game
  • Koneksi internet yang lambat dan disconnect.
  • aplikasi memang buggy, atau masih dalam versi BETA
  • ardware/software smartphone kalian rusak/Error.

Sebenarnya masih banyak penyebab lain yang kita tidak ketahui dari terjadinya force close tersebut, istilah lainnya GHAIB lah, haha...

Lalu bagaimana solusinya?

Berikut ini ada beberapa solusi jitu yang qimi lakukan untuk mengatasi FC tersebut.
  1. Clear Data/Cahce Aplikasi
    Cara yang paling mudah dan yang pertama dilakukan adalah dengan melakukan “Clear Data” atau “Clear Cache” aplikasi yang bermasalah, karena salah satu penyebab aplikasi force close adalah adanya data yang korup dan sampah (cahce) yang menumpuk pada aplikasi tersebut. Caranya , masuk ke Android Settings > Application Manager, kemudian pilih aplikasi yang sesuai dan klik “Clear Cahce”. Ingat jika clear cahce masih terjadi FC, silahkan ''Clear Data'' yang memungkinkan kita mendownload ulang data dari palikasi/game tersebut.
  2. Reinstall atau Install Ulang Aplikasi
    Kalau langkah-langkah di atas tidak berhasil, maka kita bisa melakukan install ulang aplikasi tersebut. Hal ini sangat disarankan apalagi jika aplikasi kalian adalah aplikasi bajakan/MOD. Caranya, masuk Settings > Application Manager, dan klik Uninstall. Kemudian untuk menginstall nya lagi bisa melalui Play Store dan download aplikasi baru dari sana.
  3. Update Aplikasi/Game ke Terbaru
    Hal kedua yang harus dilakukan adalah update aplikasi/game ke versi terbaru. Yap dengan update aplikasi/game tersebut kita bisa mendapatkan versi terbaru yang jauh lebih stabil dari versi sebelumnya. Caranya cukup mudah, kalian bisa masuk ke Play Store > Aplikasi & Game saya. Tapi  tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa bug/force close yang terjadi.
  4. Update Versi Android OS
    Selain update aplikasi, kalian juga bisa mencoba untuk update Android OS terbaru yang tersedia . Hal ini sangat disarankan untuk kalian yang masih menggunakan Android versi Jadul GingerBread (2.3) ke bawah. Apabila ada versi terbaru, langsung update Android OS kalian. atau cek di situs resmi/forum smartphone tersebut. Karena kebanyakan aplikasi yang beredar sekarang bisa bekerja dengan baik di minimal Android OS 4.0, Jika kalian menggunakan versi OS yang masih dalam tahap pengembangan/BETA, saya sarankan untuk downgrade ke versi sebelumnya. Dan kebanyakan yang force close adalah  adalah  OS versi MOD seperti cyanogen, dll. ini karena ada beberapa modifikasi yang tidak sesuai untuk smarthone tersebut. Saya sarankan untuk mencari Versi OS MOD yang tidak banyak Bug atau sesuai dengan smartphone anda.
  5. Un-Root Android OS kalian
    Dengan melakukan un-root pada Android OS kalian, maka kemungkinan besar Android kalian tidak akan lagi mengalami force close (sayangnya aplikasi telah berhenti) karena Android OS kalian sudah kembali lagi ke sistem factory/sistem asal yang lebih stabil. Tapi itu akan berpengaruh pada mengakses dan mengeksekusi semua file,command, system yang menjadi terbatas.Cara meng un-root HP Android kalian berbeda-beda tergantung jenis HP/smartphone. Jika sebelumnya kalian tau cara Root pasti kalian tau cara Un-ROOT.\
  6. Manual Force Stop and Restart
    Salah satu cara yang simple dan bisa dilakukan adalah dengan me-restart aplikasi yang force close tersebut. Caranya dengan melakukan force stop manual, masuk ke Settings > Application Manager, kemudian pilih aplikasi dan klik tombol “Force Stop”. Setelah itu nyalakan aplikasi seperti biasa. Selain me-restart aplikasi, kalian juga bisa mencoba me-restart gadget untuk mengatasi masalah force close.
  7. Factory Reset, Flash Ulang atau Upgrade smartphone kalian !
    Ini adalah Cara dan Solusi yang  agak ekstrim untuk dilakukan, karena dengan  melakukan factory reset akan menghapus semua data di gadget kalian dan kembali ke versi pabrik. Dan Solusi Ekstrim lainnya adalah dengan melakukan Flash ulang/Hard Brick, dengan cara ini akan dapat kembali ke versi dimana kita saat awal membeli dan fresh. Namun apabila terjadi kasus force close yang parah dan terjadi di lebih dari satu aplikasi disebabkan karena software yang error atau virus. Maka pilihan ini bisa dipertimbangkan. Caranya Factory Reset kalian bisa masuk ke Android Settings > Backup & Reset > Factory Data Reset. Dan untuk Flash Ulang/ Hard Brick saya sarankan untuk tidak melakukannya sendiri dan membawanya ke gerai/counter jika anda tidak mahir dalam seputar gagdet. 
KESIMPULAN

Solusi Terbaik jika anda tidak ingin dibawa ribet/pusing dengan cara diatas. Silahkan upgrade smartphone kalian!, ini adalah langkah final dan paling ampuh dari semua solusi diatas dan solusi lainnya untuk mengatasi FC.  Apabila gadget kalian saat ini hanya mempunyai RAM 512 MB dan free storage space kurang dari  1GB. Maka dengan membeli smartphone baru dengan spesifikasi RAM 4 GB, Octa-Core processor, storage 32 GB, dan Android versi terbaru dijamin akan mengatasi masalah aplikasi kalian yang sering force close. 

0 comments

Powered by Blogger.

About Me

My photo
Belajar Sesuatu dari Kegagalan Adalag Hal Yang Penting.

Bocor! Sharp Aquos S2 Bakal Mengusung Desain Tanpa Bazel

Trend smartphone berbezel tipis semakin digandrungi oleh para vendor saat ini. Mulai dari yang dipatok dengan harga mahal, hingga yang dipat...